Sekolah Unggulan dengan Sekolah Biasa, Apa Bedanya?

Haii! Sesuai dengan judul, kali ini gue bakal bahas tentang bedanya sekolah unggulan dengan sekolah biasa. Tanpa kita sadari, sebenernya ada beberapa perbedaan antara dua sekolah itu loh. Oh iya, ini menurut pandangan gue aja ya. Emang gak semuanya gitu, tapi dari yang gue tangkap dari temen-temen gue di sekolah lain, gue akhirnya menyimpulkan. Sekali lagi, ini cuman pendapat gue. Oke, langsung aja yaa!

1. Semangat Belajar

Kenapa gue bilang semangat belajar? Karena menurut gue, secara otomatis saat lo punya impian untuk sekolah di sekolah unggulan dengan saingan bejibun, saat itu juga semangat belajar lo akan meningkat dibandingkan dengan impian lo cuma sekadar di sekolah biasa aja. Mungkin banyak yang mikir ... ya apa bedanya sih emang sekolah unggulan sama sekolah biasa. Jawabannya ya emang sama aja, sama-sama sekolah. Tapi yang ngebedain ya ini. Dan satu lagi, saat lo masuk ke sekolah unggulan, lo akan belajar banyak hal yaitu; lo akan sadar bahwa semua orang itu pinter dalam bidangnya masing-masing. Terus lo juga akan terpacu untuk ningkatin belajar lo supaya gak kalah dalam persaingan murid-murid yang pinter ini. 




2. Persaingan

Persaingan di sekolah unggulan tentunya juga lebih sulit dibandingkan dengan sekolah biasa. No offense ya. Dari sebelum masuk ke sekolah unggulan aja, persaingannya sudah sangat ketat. Dan saat lo berhasil masuk ke sekolah unggulan, persaingan lo gak berhenti sampe situ aja. Persaingan lo masih berlanjut sampe lo lulus. Kenapa? Karena ya kalo enggak, lo bakal kalah dengan persaingan yang ada di sini. Dan itu bakal bikin lo stress dan akhirnya jadi beban sekolah di sini.


3. Mental Lebih Kuat

Kenapa mentalnya lebih kuat? Emang ngaruh apa? Ngaruh. Kenapa? Karena biasanya di sekolah unggulan, para murid sudah mempunyai ekspektasi sangat tinggi dari guru-gurunya, jadinya tingkat kesulitan soal-soal ulangan atau ujian lebih tinggi dibanding sekolah lainnya. Kalau lo gak kuat mental sekolah di sini, lo bakal nge-drop gitu aja saat dapet nilai kurang memuaskan. Ini gue juga gak asal ngomong, tapi emang ada bukti nyatanya. Contohnya temen gue yang dapet nilai di bawah kkm lah ya ... terus langsung pasrah, ngerasa dirinya bodoh, temen-temennya yang lain ada yang dapet nilai bagus, sedangkan dia enggak. Nah, hal kayak gini yang memicu stress. Padahal kalo kita bisa ambil sisi positifnya, nilai yang kurang memuaskan itu bisa jadi acuan untuk kita lebih baik ke depannya dan gak ngulangin kesalahan yang sama. Jadi mental yang kuat sangat dibutuhkan di sini. Caranya gimana? Ya itu, ubah mindset kalian bahwa nilai bukanlah segalanya. Kalian harus mikir lebih luas dan banyak intropeksi diri ... kenapa nilai gue bisa segini? Dan intropeksi diri bukan berarti meratapi nilai lo terus-terusan, abis itu nge-down lah. Bukan. Intropeksi diri di sini adalah lo cari tau apa yang buat nilai lo bisa segitu, di mana lo kurangnya, banyak-banyakin nanya ke temen atau guru kalau gak ngerti. Dan kalo udah intropeksi diri tapi masih jelek nilainya gimana? Ya tandanya kalian harus intropeksi diri lagi. Jangan pernah nyerah. Terus usaha. Tenang aja, gak bakal sia-sia usaha lo kok.


4. Peluang Masuk PTN Lebih Terbuka Lebar

Ini sebenernya tergantung individu masing-masing sih. Tapi di sini yang gue maksud adalah, kebanyakan di sekolah unggulan, dalam hal ini SMA, peluang untuk masuk perguruan tinggi negeri lebih terbuka lebar. Kenapa? Karena sekolah unggulan pasti sudah punya 'nama' di PTN favorit. 




5. Membanggakan Orang Tua dan Keluarga

Ya mungkin ada sebagian orang tua atau keluarga yang gak masalah anaknya sekolah di mana ... tapi pasti ada bedanya jika kalian sekolah di sekolah unggulan ataupun di sekolah biasa. Contohnya orang tua dan keluarga gue. Walaupun orang tua gue gak bilang secara langsung ke gue bahwa mereka bangga sama gue, tapi mereka selalu bangga saat bilang di depan temen-temennya kalo gue sekolah di sini. Keluarga gue yang lain seperti kakek, nenek, tante, dan om gue juga ikutan bangga karena cucu dan keponakannya sekolah di sini. Pokoknya pasti ada suatu perbedaan saat lo sekolah di sekolah unggulan. Walaupun mungkin ya itu ada yang gak terlalu peduli entah itu sekolah unggulan atau enggak, tapi pasti seandainya kalian sekolah di sekolah unggulan, mereka pasti bangga.


6. Lebih Menantang

Kalo ini sih ya kalian harus rasain sendiri biar tau rasanya ... karena memang ada perasaan menantang saat masuk ke sekolah unggulan. Mungkin kalian yang tadinya males-malesan jadi ngeluangin 1 atau 2 hari lah buat belajar. Yang tadinya bodo amat sama belajar, jadi buka buku sedikit. Pokoknya kalian bakal ngerasa tertantang di sini. Dan kalo kalian bisa enjoy, tantangan itu akan membawa hal positif ke kalian kok, bukan sebaliknya.

Catatan sedikit dari gue: Sekolah di sekolah unggulan dalam prestasi akademis gak berarti setiap harinya lo belajar mulu sampe rambut botak. Seperti murid-murid di sekolah lainnya, di sini juga ada organisasi dan ekskul-ekskul non-akademis yang bisa diikutin supaya gak jenuh dengan pelajaran. Terus kalo kalian mikir di sekolah unggulan isinya anak-anak ambisius semua, kalian salah. Coba rasain sendiri deh dan kalian bakal nemu orang-orang yang ... gak bakal kalian sangka.


Sekian dulu yaa dari gue. Artikel ini gak dibuat untuk menyinggung orang atau hal negatif lainnya. Di sini gue hanya berbagi pengalaman dan mungkin ngasih pencerahan dengan orang yang masih bingung bedanya sekolah biasa dan sekolah unggulan. Balik ke individu masing-masing lagi ya ... kalau di sekolah biasa kalian bisa serius dan berprestasi, kenapa enggak? Semua balik ke pilihan masing-masing ya. Jadi, apa pilihan kalian?^^

Related Posts:

6 Responses to "Sekolah Unggulan dengan Sekolah Biasa, Apa Bedanya?"

  1. Betul itu... saya dulu sekolah SD di sekolah biasa.Singkat cerita saya adalah murid pintar dengan hasil UN 27,85(Gk sombong) lalu saat masuk smp teman teman sd saya masuk di SMP swasta tapi saya masuk smp favorit.Di Smp itulah saya sendiri yg berasal dari SD**** sedangkan ratarata teman saya dari SD FAVOTOIY

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa intinya gaada yang gamungkin heheh. Tetep jangan sombong yaa:)

      Hapus
  2. Balasan
    1. Nggak juga kok, banyak yg udah gratis sekarang, terutama sekolah negeri.

      Hapus
  3. SD aku sekolah biasa, SMP sekolah favorit, SMA sekolah favorit
    But I don't find any differences with this two sort of school, cuman persaingannya aja yang I can relate lah. Sekolah favorit is way way boring than an ordinary school

    BalasHapus