Tips Masuk ke SMPN 115 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta (Sekolah Terbaik di Jakarta)

Haii! Gue mau berbagi sedikit ke kalian tentang gimana caranya masuk ke SMPN 115 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta, sekolah terbaik di Jakarta *katanya*. Pertama gue mau cerita dulu, gue ini adalah salah satu murid SMAN 8 Jakarta dan alumni SMPN 115 Jakarta. Gue gak bisa dibilang jenius atau pinter banget. Gue ngerasa biasa aja jujur. Tapi gue bisa ngebuktiin kalo gue bisa masuk ke SMA yang katanya terbagus di Jakarta ini dengan usaha gue. Oke, langsung aja gue kasih tipsnya ya!


1. Mimpi dan Perjuangan

Gue berasal dari SD yang bisa dibilang gak terkenal. SD yang terletak di atas kali, di samping pasar. Suatu saat ada guru yang nanya tentang mau masuk ke sekolah mana nanti. Dengan percaya dirinya gue jawab "SMPN 115 Jakarta, terus SMA nya di SMAN 8 Jakarta, terus kuliah di Universitas Indonesia." Salah satu temen gue langsung nyindir gue. "Ngarep lo. Mane mungkin!" Dan kalian tau? Itu gak bikin gue ngedown. Itu malah sebagai semacam cambukan buat gue buat buktiin ke temen gue kalo gue bisa. Yang berawal dari celotehan anak SD doang karena taunya SMP, SMA, dan Universitas yang bagus itu doang, sampe akhirnya sekarang bener-bener kesampean gue bisa bener-bener masuk ke SMPN 115 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta. Alhamdulillah juga saat ini bisa tercapai satu keinginan lagi masuk Universitas Indonesia lewat jalur SBMPTN. Dan tau yang lucunya? Temen-temen yang ngeremehin gue waktu itu GAK ADA sama sekali yang masuk ke SMPN 115 dan juga SMAN 8. Padahal mereka itu juga pada pinter-pinter atau bahkan jauh lebih pinter dari gue. Saking bingungnya gue tanya ke temen gue. "Kenapa lo gak mau masuk ke Smabel (SMPN 115)?" dan temen-temen gue pada jawab. "Kejauhan, males."

SMPN 115 Jakarta

Duh, buat kalian yang mau masuk ke sekolah unggulan tapi masih mikirin kata 'kejauhan' sumpah itu salah banget. Gimana kalian mau mencapai mimpi kalian kalo 'kejauhan' aja masih bisa jadi penghalang kalian. Kalian tau? Temen-temen gue sekarang banyak yang ngekos di deket sekolah gue. Ada yang tinggalnya di Cikarang, BSD, Bekasi, Bogor, Depok, tapi apa? Mereka mau berjuang. Mereka mau berkorban buat mencapai mimpi mereka. Kalau masalah ini aja udah ngehalangin mimpi kalian, berarti tekad kalian masih cetek banget. Gak usah mikirin deket jauhnya! Yang harus kalian pikirin adalah gimana cara kalian supaya bisa masuk ke sekolah impian kalian itu.

Buat kalian yang minder karena gak terlalu pinter atau ngeliat temen-temen kalian yang kayaknya lebih pinter dari kalian, gak usah takut! Kenapa? Karena gue sering banget nemuin orang-orang yang di kelas pinter, selalu ranking, belajar mulu, tapi pas UN? Di bawah gue atau bahkan ada yang jeblok. Setelah gue amati, gue nyimpulin kalau mereka terlalu berpuas pada diri sendiri. Merasa dirinya udah pinter, udah mateng, udah tau segalanya, sampe-sampe ngeremehin suatu hal. Sedangkan temen-temen gue yang gak pernah ranking, nilai standar, gak terlalu menonjol, pas UN? Nilainya banyak yang jauh di atas temen-temen gue yang sering ranking. Jadi apa yang bisa kita simpulin? Pertama, pinter bukan jaminan suatu hal. Gak cukup hanya pintar aja.Tapi dibutuhkan juga TEKAD dan KERJA KERAS. Ini motto yang selalu gue pegang dan berpengaruh juga ke hidup gue "ORANG PINTER BAKAL KALAH SAMA ORANG YANG MAU BERJUANG DAN BERUSAHA" dan ini 10000000000000% bener. Jadi, gak usah ada kata minder. Selama kalian mau berjuang dan berusaha, gak ada kata gak mungkin! Kalian pasti bisa ngeraih mimpi kalian!

2. Berusaha

Setelah kalian udah punya mimpi dan tekad yang kuat, sekarang waktunya untuk berusaha! Berusaha gimana maksudnya? Berusaha dengan belajar! Percuma tekad udah kuat tapi gak ada usaha untuk belajar. Ibaratnya kalian hanya mimpi di siang bolong. Jadi, ayo mulai belajar dari sedini mungkin untuk mempersiapkan diri dalam UN (Ujian Nasional). Jangan pernah coba-coba sistem kebut semalam dalam UN. Belajar untuk persiapan UN harus dimulai secepat mungkin agar tidak keteteran. Kalau sesuai pengalaman gue, gue menghabiskan waktu kelas 7 untuk adaptasi, kelas 8 untuk bersenang-senang dan ngelanggar peraturan, dan kelas 9 untuk fokus tanpa main-main. Intinya, sisakan waktu kalian paling minimal 6 bulan untuk belajar fokus tanpa hal-hal yang menganggu kalian, misalnya gadget. Banyak belajar soal-soal dari buku UN, tanyakan materi yang belum bisa.

Ohiya pengen cerita lagi, di sekolah gue pas beberapa bulan sebelum UN udah mulai ada TO (Try Out) begitupun di tempat les gue. Dan yang mau gue sampein adalah ... nilai TO GAK MENJAMIN NILAI UN KALIAN. Jadi kalian yang dapet nilai TO nya jelek, jangan berkecil hati. Jadiin nilai itu sebagai pelajaran kalian supaya gak ngulangin kesalahan itu. Asal lo tau, total nilai TO gue (empat pelajaran yang di UN-kan) gak pernah nyampe 35. Dan nilai UN gue? GAK BERMAKSUD SOMBONG. CUMA BUAT MOTIVASI BAHWA NILAI TO GAK MEMENGARUHI NILAI UN. Alhamdulillah nem gue 37,4 dan bisa masuk ke SMAN 8 Jakarta. Sebaliknya, BUAT KALIAN YANG NILAI TO NYA BAGUS, JANGAN TERLENA. Gue ingetin dari awal. Jangan terlena. Jangan ngeremehin. Karena ada contohnya temen gue yang selalu ranking 1 pas TO satu angkatan tapi nilai UN nya .... begitu. Jadi jangan gampang berkecil hati, jangan juga gampang terlena. Selalu jadiin hasil yang kalian dapet sebagai pembelajaran.

SMAN 8 Jakarta


3. Pasang Target Setinggi Mungkin

Kalian jangan targetin nem kalian hanya 36 atau 37 (bagi yang mau UN SMP), kalian harus targetin setinggi mungkin. Tapi saran gue gak usah targetin sampe 40 juga ... yang normal aja kayak 39 atau 38, karena itu akan memacu semangat kalian.

4. Perhatikan Sekolah Tujuan Kalian

Sebelum masuk ke sekolah yang kalian mau, sebelumnya kalian harus meneliti terlebih dahulu gimana sih sekolah itu. Berapa sih nilai yang harus kalian capai supaya masuk ke sana. Pokoknya pelajarin tentang sekolah tujuan kalian. Jangan asal masuk dan gak tau persaingan di sana. Gue kasih tau, jalur umum SMAN 8 2015 terendah adalah 38,35 sedangkan jalur lokalnya adalah 37,00. Udah terbayang persaingannya dari seluruh Indonesia?:)

5. Berdoa dan Berserah Diri kepada Tuhan Yang Maha Esa

Kalau kalian udah berusaha dengan maksimal, sesuai dengan kemampuan kalian, langkah yang paling penting adalah berdoa, minta sama Tuhan supaya diberikan yang terbaik. Berserah diri kepada-Nya, karena Tuhan pasti sudah menentukan jalan manusia.

6. Jangan Pantang Menyerah dan Putus Asa

Ini yang terakhir ... kalau memang bukan jodoh kalian di sekolah tujuan kalian, kalian jangan berkecil hati. Jangan menyerah. Jangan putus asa. Tuhan pasti sudah menentukan jalan yang lain untuk kalian yang lebih baik dari yang kalian pikir. Yang penting kalian sudah usaha dan mencoba. Keputusan ada di tangan Tuhan.

starter pack ui
Pemesanan lewat bit.ly/starterpackui dan 081806243276 (WA Only)


Oke, segitu aja dari gue. Maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan atau menyinggung beberapa orang. Tulisan ini dibuat untuk memotivasi orang-orang yang ingin menuju sekolah impiannya. Bukan berarti sekolah terbaik hanya itu saja. Banyak sekolah lain yang juga unggul. Akhir kata dari gue adalah, matengin pilihan kalian. Jangan asal masuk doang. Karena kalau kalian udah masuk ke sekolah pilihan kalian, perjuangan kalian yang sebenernya baru aja dimulai. Karena di sekolah unggulan yang memiliki pesaing sebejibun seperti SMAN 8 Jakarta, yang harus kalian butuhkan juga MENTAL YANG KUAT! Banyak murid yang setelah masuk sekolah unggulan malah stres karena tidak bisa mengikuti pelajaran. Makanya, persiapkan mental kalian juga sebelum memilih sekolah pilihan dan sesuaikan dengan kemampuan kalian^^ Semoga tulisan ini membantu! Buat yang mau nanya soal SMPN 115 Jakarta atau SMAN 8 Jakarta bisa tulis di kolom komentar ya! Insya Allah gue jawab kalo gak ada urusan. Sampai ketemu di tulisan gue selanjutnya!

Related Posts:

175 Responses to "Tips Masuk ke SMPN 115 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta (Sekolah Terbaik di Jakarta)"

  1. keren nih tipsnya
    kalo yg udah lulus sma kira2 bisa masuk lagi g y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kan udah lulus kenapa pengin masuk lagi:"

      Makasih udah berkunjung:)

      Hapus
    2. Perjuangan nya sangat menakjubkan

      Hapus
  2. SEMANGAT ... NEM tertinggi DKI (2015) lalu kan anak 8 yg tinggal di BSD Serpong. Gw baca di Google (tribun News). Namanya "Afia Lestari (578.70)
    Terus pas 2013 tertinggi juga anak 8 org Bekasi "Gracia Isaura"(585.00).
    Keren deh .. memotivasi sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, semangat ya! Semoga bisa ngikutin jejak mereka:D

      Makasih udah berkunjung:)

      Hapus
  3. Sebentar lagi nih kak...
    Doain aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh, semangatt yaa!! Persiapin mateng-mateng yaa jangan lupa^^
      Aamiin..

      Makasih udah berkunjung:)

      Hapus
  4. Tp gmn y kak..bner si tipnya cakep bnget memotivasi..mau skolah jauh tp bdn ini sk g akur kwatir sakit malah ganggu target ada saran buat aku ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh apa ya btw?._. Kamu tinggal di daerah mana emang??

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kagum sekali dgn prestasi mutid2 SMAN 8 Jakarta. Mmg sekolah berprestasi.
    Langganan Juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skrg anak SMA 8 byk yg dari BSD City, Bintaro, Pamulang daerah2 Tangerang Selatan. Lum cinere, Cirendeu, Depok, Bekasi bahkan Bogor.
      Mereka naik Kereta (KRL) pagi2 sekali. Kereta pertama .... trus umumnya turun di sta Tebet atau sta. Manggarai .... trus nyambung Ojek atw Bajaj ke SMA 8.
      Udah jarang yg naik metromini or angkot .... umumnya langganan ojek.
      Yg kost gw liat juga banyak deket 8. Tiap Jumat malam sabtu minggu baru pulang ke rmh msg2

      Hapus
    2. Iyaa memang. Banyak juga kok yang naik angkot dari depan SMAN 8. Yang naik Transjakarta juga banyak. Iya, yang kost juga banyak di sekitar 8. Jadi sebenernya banyak solusi buat yang rumahnya jauh, asal niatnya kuat aja:)

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
  7. Target bgt ini .. Thanks motivasinya ya kak.. Minta doanya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh semangat, yaa! Aamiin, semoga keterima, ya:)

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
  8. Target bgt ini .. Thanks motivasinya ya kak.. Minta doanya kak :)

    BalasHapus
  9. Kak gimana kalau dengan saya yang tinggal di luar pulau jawa kan jauh banget belum lagi biaya pesawatnya. Sma 8 jakarta membayar gak sih?kalau sekolah disitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku kalo gitu, kamu rundingin dulu sama ortu. Dan kalo misalnya udah dibolehin, kamu ngekos aja di deket sini atau gak tinggal di rumah saudara yang ada di Jakarta:) Setauku gratis kok:)

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
  10. bagus nih kata - katanya! doain ya besok UN nih hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihihi makasihh. Semoga hasilnya memuaskan, yaa!

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
  11. Temen gw ada dulu SMP Islam Al Azhar BSD (Bumi Serpong Damai).
    Skrg skul di 8. Lg siap2 wakilin tim OSN DKI Jakarta 2016.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cowok yaa kelas 10? Kayaknya dia yg sekelas sama aku^^

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
    2. Ohhiya bener berarti. Iya, dia dapet medali emas astronomi

      Hapus
  12. aku telat bgtt baca iniii,nasi sudah menjadi bubur whehe
    sukses trs ya kaaa di smandel! semoga nanti dpt ptn yg kakak mauu! btw aku jg ada temen di sana heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yahh:(
      Aamiin makasihh yaa doanya^^ Sukses juga yaa kamu.

      Makasih udah berkunjung!:)

      Hapus
    2. kakak ipa atau ips ? pgn banget masuk situu :( tp apadaya nem ga memadai heheh

      Hapus
    3. Aku IPA. Sukses yaa di sekolah kamu sekarangg:) Semangat teruss

      Hapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Kalau boleh tanya, smpn 115 itu minimal nem nya berapa ya? Btw kata kata mu itu yg bilang "TO gak jamin nilai UN" itu motivasi banget tapi aku *maafbukansombong* kalau to dapet rank 1 seangkatan masih bisa juga kan rank 1 seangkatan dalam un. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk yang tahun ini aku kurang tau, tp dua tahun lalu terendahnya 27 seingetku soalnya masih ada tes. Iyaa emang bisa kokk. Maksud kalimatku itu supaya yang TO nya nilainya masih kecil jangan ikutan berkecil hati karena itu bukan jaminan sepenuhnya gtt. Bagus berarti kamu konsisten heheheh^^

      Hapus
    2. Kalo umum minimal rata-ratanya 95,17 kalo gak salah

      Hapus
  15. Seketika dapet pencerahan habis baca ini. Tadinya cuma yakin 50% bisa masuk sma 8 dan dalam sekejap naik jadi 80% buat masuk situ. Hehe~

    BalasHapus
  16. Saya udah kayak gitu kok masih aja gak masuk smp 115 , nem saya 27.40

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rezekimu bukan di situ berarti, mungkin Allah udah ngerencanain buat kamu di tempat lain. Lagipula NEM kamu udah terhitung bagus bgt itu

      Hapus
  17. Tahun 2016 ini yg dari BSD City Serpong lumayan ada 2 anak yg masuk 8 (2019).
    Spt biasa msh di dominasi smp yg itu2 aja. 115, Labschool Kebayoran, Labschool Rawamangun, SMP K 5 Penabur, 49 & Al Azhar. Yg lain nyelip2 tp.tetap ada n bervariasi anak2nya ....thanks

    BalasHapus
  18. Pergaulannya di 115 gmn? Banyak yg pacaran ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pergaulannya ya biasa aja kok. Hmm dibilang banyak juga nggak sih. Biasa-biasa aja

      Hapus
  19. Pacaran dalam islam mana ada ?... Ga da lagi. adanya ta aruff
    lagian pacaran Itu mah cuman buat jadi pelampiasan. drp nganggur. kurang kerjaan.
    mikirin ulangan tf, Ujian tengah semester & Ujian Akhir semester aja udah setresss. di suruh lagi mikirin pacaran.... anak orang.
    Gw fokus UN & PTN saja sudah setress.
    pacaran mah gampaaaanggg. nanti kalo udahKuliah atau udah kerja, baru mikirin

    BalasHapus
  20. wow, mantap banget nih kak tips nya memotivasi aku, hehe. semoga aku bisa masuk situ deh dengan hasil UN tahun ini yang memuaskan. kalo boleh tau dulu kakak nem SD nya berapa ya? hehe. goodluck terus and sukses kak buat sekolahnya, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eheheh bagus dehh:D Aamiin aamiin. Dulu aku SD 28,35. Makasihh yaa! Aamiin!:)

      Hapus
  21. memotivasi bgt! target sekolah gue btw.. tpi agak kesini makin pesimis pas gua tau tahuun kemaren nemnya 38:') agak krg yakin masuk situ juga karna biaya nya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayanya ?... Lebay amar lo !
      Sekolah negeri di jakartee dimana2 gratis cuiy.
      Mau di gaplok Gubernur ?..

      Hapus
    2. Jangan pesimis dulu lahh. Kenapa biayanya?

      Hapus
  22. Luar biasa. Nilai masuknya sangat tinggi sekali. Siapa yg gak mau SMA negeri 8 Jakarta. Sdh iurannya murah. Masuk gratis pula.
    Tapi Nilai nem masuknya, menakutkan

    BalasHapus
  23. Emang bimbelnya dimana sih ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pas SMP aku bimbel di BTA tebet

      Hapus
    2. BTA Tebet yg dimaksud BTA 8 atau BTA 45 mbak ?
      Maaf ...anak saya masih SD, dia ingin masuk SMPN 115 Jakarta, sebaiknya ikut bimbel apa ya...yg lulusannya banyak diterima di sekolah tsb?
      Kami tinggal di daerah Pondok Kelapa, Duren Sawit. Jakarta Timur...
      Makasih mbak .

      Hapus
    3. BTA 45, Om. Tapi itu untuk SMP, SMA, dan alumni aja. Kalo pas SD, aku gak terlalu intensif banget les dan cuman asal ikut tempat les di deket rumah aja. Aku ikut BTA pas SMP.

      Kalo tempat les yang bagus dan banyak lulusannya di SMPN 115 aku kurang tau, Om. Karena menurutku dulu les gak terlalu ngaruh dan gak ada yang bener bener 'wow' gitu pas SD. Rata-rata tempat les sama.

      Jadi, sebenernya aku gak bisa ngerekomen tempat les yang bagus untuk anak Om yang SD. Coba lebih didalamin belajar di rumah lebih giat sambil didampingin dan biasanya di sekolah ada pendalaman materi, kan? Kalo emang bener-bener pengen les sih, coba aja Om tempat les yang udah ada nama kayak Ganesha Operation. Dulu sih pas jamanku, tempat les yang booming kayak SSC, Quantum, GO.

      Semoga membantu dan anaknya bisa lanjut ke smabel ya! Aamiin:)

      Hapus
    4. Kak aku sebenernya mau masuk smp 115 tapi kata ibu aku kan kalo masuk situ temen temennya pasti org kaya emg bener ya kak ?

      Hapus
  24. Kalau aku niat banget masuk sma 8 tapi ngga bimbel menurut kaka gimana? :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kayak kenal-_-

      Kalo menurut kamu, kemampuan kamu kira-kira udah mencapai buat masuk SMAN 8 ya gapapa sihh gausah bimbel. Mungkin kamu udah bisa mahamin materi yang udah diajarin sendiri gitu. Kalo aku kan bimbel dulu karena emang merasa belum mantep di materi2 yang akan di UN kan itu. Jadi, balik tanya diri kamu sendiri aja. Kirakira udah cukup belom kemampuan kamu sekarang yang tanpa bimbel ini?:)

      Hapus
  25. Kalo boleh tau, NEM smp Indah berapa?

    BalasHapus
  26. Dari BSD City Serpong banyak yg ngejar SMAN 8 Jakarta.
    Kemarin 2016 tetanggaku di BSD tembus 2 PTN sekaligus. Dia alumni 8 (2016)
    Dikelas XII - MIPA/I smuanya dapet PTN... 100% (36 anak).
    Wali kelasnya guru Kimia klo gak salah. Pak Salehudin. Salut deh gue !

    BalasHapus
  27. Makin kesini makin tinggi passing gradenya :( 38.1 aja udah ketendang.. #semangat salam dari 81

    BalasHapus
  28. Makin kesini makin tinggi passing gradenya :( 38.1 aja udah ketendang.. #semangat salam dari 81

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ka saya mau tanya, kk sekarang kuliah di universitas Indonesia itu jurusan apa ya ka?

      Hapus
    2. Aku jurusan Pendidikan Dokter Gigi atau FKG

      Hapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  30. Kak saran tempat bimbel yg bagus dimana ya, btw kalau boleh tau dulu kakak bimbel dmn?

    BalasHapus
  31. salut buat indah melati. semoga yg baca tulisannya jadi tambah semangat. yg ketergantungan sama gedget semoga sadar. belajar yg bener. sukses buat kalian yg skarng sdg berjuang mencari sekolah unggulan.

    BalasHapus
  32. salut buat indah melati. semoga yg baca tulisannya jadi tambah semangat. yg ketergantungan sama gedget semoga sadar. belajar yg bener. sukses buat kalian yg skarng sdg berjuang mencari sekolah unggulan.

    BalasHapus
  33. sman 8 emg sekolahnya anak pinter. tapi bener gak sih sman 8 itu juga sekolahnya anak orang kaya? kalo anaknya bisa masuk tapi gak mampu gak bisa sekolah disitu ya?
    mohon dijawab. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kata siapa tuh? Sekarang sman 8 gratis kok semuanya. Siswa gak diberatin apa2 lagi dengan pungutan apapun. Aku kenal banyak temen yang ekonomi keluarganya biasa2 aja tapi tetep bisa sekolah di sini tuh... Yang penting niatnya aja, sih. Semangatt ya:)

      Hapus
  34. sman 8 emg sekolahnya anak pinter. tapi bener gak sih sman 8 itu juga sekolahnya anak orang kaya? kalo anaknya bisa masuk tapi gak mampu gak bisa sekolah disitu ya?
    mohon dijawab. terima kasih

    BalasHapus
  35. Makasih yah kak telah membantu! Semoga kakak sukses meraih cita-cita anda, karna kakak saya jadi berani untuk menunjukan ortu saya bahwa saya bisa masuk SMPN 155, makasih banyak yah kak sama doain saya yah kak untuk masuh SMPN 155!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama-sama. Jadi seneng liatnya... Aamiin, makasih, yaa!Semangat juga yaa buat kamu, semoga bisa masuk sekolah yang kamu mau!:) SMPN 115, btw, bukan 155 hehe. Semangattt!

      Hapus
  36. terima kasih bro gw jadi tau cara biar bisa tekun

    BalasHapus
  37. Hebat indah, smoga makin sukses btw kalo smpn 115 beRasal dari sd n berapa yg banyak di terima?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Kalo dari sd aku kebetulan yang diterima 2, tapi 1 orangnya itu gak ngambil karena udah dapet sekolah swasta. Jadi cuman aku yang di smpn 115 dari sdku.

      Hapus
  38. Halo kakak.....maaf mau nanya kak kalo daftar sebagai peserta non DKI apakah peluang nya lebih besar kak???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku kuotanya jadi lebih sedikit dan agak sulit daripada yang di DKI Jakarta karena pesaingnya pasti nilainya lebih tinggi2 karena kuota yang diterima lebih sedikit. Tapi itu setauku ya..

      Hapus
  39. Hallo Indah.. aku lg berusaha mewujudkan keinginan anakku yg ingin masuk di smabel. Tulisanmu ini sangat memotivasi dan informatif.. makasih ya Indah.. semoga target nem 29 bisa diraih anakku spy diterima di smabel.
    Amiiin.. bantu doa ya Indah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai tante^^ Alhamdulillah, semoga bermanfaat, ya. Aamiin ... Sukses, ya, anaknya Tante. Semoga bisa masuk smabel^^

      Hapus
  40. Hai Indah...mau tanya apakah dari SD Swasta bisa masuk ke SMPN 115 ? Krn anakku skrg di SDK 6 Penabur. Apakah ada pembatasan wilayah utk daftar di SMPN ? Krn skrg dari Jakut ke Jaksel. Makasih Indah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok, Tante. Aku juga dari SD swasta pas masuk ke SMPN 115. Setau aku bisa aja, tapi lewat jalur umum tante. Tapi jalur umum nem masuknya lebih tinggi biasanya dari jalur lokal. Kalo yang jalur lokal untuk di sekitar Tebet, tapi aku lupa spesifikasinya daerah mana aja.

      Hapus
  41. Hai indah..anakku dari SD swasta di bekasi..nilainya cukup baik...alamat Kartu Keluarga msh di tebet..itu masuk lokal atau umum ya? Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku lokal, Tante karena sama-sama di kecamatan Tebet^^ Coba ditanya langsung ke pihak smabelnya, Tan, supaya lebih pasti.

      Hapus
  42. Kak indah mm aku tinggal nunggu nem keluar berharap mau masuk smabel ama ortu juga didukung tapi aku masih blm siap kalo misalny bangun pagi atau kerja kelompok nah kalo anak smabel itu banyak gk sih yg rumahny jauh jauh kaya dari jakut ,jaktim,jakbar,bekasi nah kalo aku kan dari jakut gmn ya solusiny. Doain juga ya kak indah tgl 14 juni 2017 nem ku keluar aku sih berharap rata ratany diatas 95

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. kak, mau tanya sman 8 itu masuk nya jam berapa ya? soalnya rumah aku jauh mau masuk sma 8 naik kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jam setengah 7, dek. Banyak kok temenku yg rumahnya jauh ke sekolah naik kereta. Berangkatnya tp ya emang harus pagi banget, misalnya jam 5 udah jalan kalo emang jauh banget rumahnya.

      Hapus
    2. Jam setengah 7, dek. Banyak kok temenku yg rumahnya jauh ke sekolah naik kereta. Berangkatnya tp ya emang harus pagi banget, misalnya jam 5 udah jalan kalo emang jauh banget rumahnya.

      Hapus
  45. indah, tau kost putri muslimah untuk pelajar g di sekitar sman 8? makasih y info nya

    BalasHapus
  46. Aku nanya temenku yang dulu ngekos, katanya ada di depan SMAN 8. SMAN 8 kan letaknya kayak di puteran gitu. Nah, coba cari-cari aja di sekitar situ. Atau gak, banyak temenku yang ngekos di komplek garuda, tapi aku kurang tau di sana ada kosan muslimah atau gak. Semoga membantu ya^^

    BalasHapus
  47. Hai kak indah. Maaf baru baca nihh. Aku juga anak smabel loh kalk. Sekarang kls 9, tahun kemaren yg masuk smandel sekitar 100an hampir setengah angkatan (ngerasa udh kejamin haha) tapi aku masih bingung nih mau masuk di smandel atau 26 soalnya aku kayak pengen menikmati masa2 sma gitu wkwkwk aku jg pgn jadi osis cuma takutnya kalo di smandel jadi ga balance. Tapi buat skrg aku perjuangin nilai aku ke smandel jadi target aku smandel. Trs kalo nilai aku bisa masuk smandel kedepannya aku mau di smandel atau 26 kan gampang. Hehe doain ya kak, aku ga les nihh semoga apa yg aku bayangin bisa kewujud!! Makasi kakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Angel:) Waduuuh jangan sombong dulu yak udah ngerasa terjamin gitu, karena nanti jadi terlena hehe. Semuanya tergantung kamu sendiri, gak ada hubungannya dengan berapa orang yang keterima dari Smabel ke Smandel. Hati-hati, yaa, jangan lengah.

      Sebenernya aku agak gimana gitu... masuk smandel bukan berarti kamu gak bisa nikmatin masa-masa SMA. Banyak kok temenku yang ikut organisasi di smandel. Malah di sini organisasinya bener-bener kerasa karena kamu langsung dapet manfaatnya, mulai dari management waktu, disiplin, dll. Pinter-pinternya kamu, sih, bagi waktu.

      Dan juga, kamu pikirin lagi, prioritas kamu masuk SMA itu apa? Mau aktif di organisasinya? Atau mau jadiin batu loncatan buat gapai cita-cita kamu? Tinggal kamu pilih aja. Pikirin mateng-mateng. Gak salah emang organisasi. Bagus malah, jadi nambah pengalaman dan aku sadar kesuksesan di depan bukan soal nilai doang, tapi harus dibekalin sama pengalaman kamu di organisasi dll juga. Aku sendiri juga seneng organisasi. Tapi, ya jangan sampe kamu ngesampingin hal lain yang lebih penting juga. Pilihan ada di tangan kamu.

      Iya aku setuju. Mending kamu fokus belajar dulu sekarang. Pasang target yang tinggi tapi realistis. Insya Allah kalo kamu emang fokus belajar dan nilainya bagus, bisa dapet dua-duanya dan akhirnya tinggal milih kayak yang aku bilang di atas.

      Sukses ya kamu! Aamiin.

      Hapus
    2. Hai kak aku kls 5 sd aku berharap bisa keterima di smabel dan smandel,tapi kalo boleh aku mau tanya dong kak,metode belajar kakak gimana kak?,di kls 1 waktu itu aku nilai nya tinggi kak,tapi pas aku kls 4 nilai aku menurun kak,tapi aku boleh gak minta saran dari kakak menurut kakak ,metode belajar aku yg tepat gimana ya,padahal aku udh les bimbel kak,tapi aku akan berusaha dengan 6 tips yg kakak kasih diatas kak.thanks ya tipsnya kak

      Hapus
    3. Halo Ika. Jujur aku pas SD gak yang terlalu belajar banget dan punya strategi belajar dll. Pokoknya aku belajar sesuai yang aku mau dan senyamannya aku. Gak ada paksaan dan ambisi apa-apa. Paling orang tuaku beliin aku cd yang isinya materi dan soal-soal gitu terus aku belajar dari situ.

      Gak usah khawatir dengan nilaimu yang sempet turun. Itu malah jadi bahan pembelajaran kamu, kenapa nilaimu bisa turun dan supaya bisa ditingkatin lagi di ujian berikutnya. Aku dulu juga nilainya gak selalu bagus kok. Ada saatnya nilaiku turun, tapi bukan berarti itu bakal berlanjut terus. Kalo kamu pinter intropeksi diri dan tau kelemahan kamu di mana, pasti kamu bisa tingkatin nilai kamu di ujian berikutnya.

      Kalo masalah metode belajar, itu tergantung masing-masing orangnya. Mungkin aja metode belajarnya gini, tapi gak cocok kalo diterapin ke orang lain. Intinya, kamu yang tau banget tentang diri kamu. Kamu pikir lagi, kira-kira nilaimu dulu tinggi karena belajar dengan metode apa? Mana metode belajar yang bikin kamu nyaman dan gak tertekan? Itu kan kamu sendiri yang tau. Yang terpenting kamu harus nyaman dengan metode belajar itu supaya lebih masuk ke otak. Mungkin metode belajar yang kamu bisa terapin ada ngerangkum, atau bikin mindmap, atau baca dari buku aja, atau belajar bareng temen. Cobain aja satu-satu dan pilih yang kamu bener-bener cocok. Mumpung masih banyak waktu sebelum kelas 6 dan ngehadepin Ujian Nasional:)

      Good luck, Ika! Semoga bisa menyusul ke SMPN 115 Jakarta dan SMAN 8 Jakarta. Tetep semangat, jangan nyerah, dan jangan lupa doa, ya!:) See you!

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Terima kasih untuk adik Indah, yang mau membagikan kisah perjuangannya di blog. Saya menemukan blog ini lewat Google. Dan karena bagus, saya sharingkan ke anak saya yang masih kelas 5 SD. Dia membacanya sambil meneteskan airmata. Semoga semangat adik Indah menular ke anak saya ini.

    Saya sendiri berasal dari SD dan SMP pinggiran Jakarta, namun berhasil masuk SMAN 8 puluhan tahun lalu. Lalu saya masuk Teknik Elektro UI lewat Sipenmaru di masa itu. Kami angkatan pertama yang menghuni kampus UI Depok.


    Lewat artikel adik Indah ini, saya berharap semangatnya menular ke anak saya yang masih doyan main gadget hehehe. Saya doakan adik Indah berhasil masuk FKG UI. Saya yakin siswa Smandel yang rajin belajar, apalagi yang ikut BTA, harusnya tidak sulit masuk FKG UI. Salam hangat. Dwi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sama-sama, Tan. Alhamdulillah:") Semoga bermanfaat buat anaknya, ya, Tan. Aamiin..

      Aamiin, aamiin. Terima kasih, ya, Tan doanya. Semoga berbalik ke anak Tante. Sukses untuk Tante dan anaknya. Semoga anaknya bisa menyusul jejak Tante juga. Salam 8, Tan! Hehe^^

      Hapus
  50. Kak indah aku kelas 8 di sekolah jakarta timur smp biasa2 ajh tpi aku pengen bngt masuk sma 8 biar bisa banggain orangtua dan tanpa menggagu keuangan dari orangtua saya dan bisa lanjut ke ui saya termotivasi banget sama kata2 kakak. Kartu keluarga saya di daerah manggarai apa bisa saya masuk lokal? Klo bisa apa peluangnya juga besar?? Saya bener2 serius pengen masuk sma 8 tanpa ada paksaan dari siapapun tpi saya butuh saran dari kak indah agar bisa masuk sma 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo! Maaf baru sempet jawab, ya^^

      Untuk zonasi jalur lokal bisa diliat di sini https://drive.google.com/file/d/0B5sohiqGuz8aSW1ubkRQQU02WTA/view

      Peluangnya makin besar kalo bisa masuk jalur lokal karena saingan NEM nya gak setinggi dari jalur umum. Misalnya waktu angkatan aku terendah NEM di jalur umum bisa 38,3-an tapi di jalur lokal terendah NEM nya 37. Jadi, peluangnya lebih besar.

      Bagus banget kalo emang kamu serius dan tanpa paksaan mau masuk sini, tinggal digiatin lagi belajarnya mulai dari sekarang. Terus kuatin lagi pelajaran yang kamu masih ngerasa kurang. Inget-inget terus apa tujuan kamu.Mending susah-susah sekarang daripada nyesel belakangan. Oh iya, jangan lupa doa dan minta restu orang tua. Semangat, ya!:)

      Hapus
  51. Kak cara belajar biar bisa satu sekolah sama kak gimana ya kak?^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Erika!

      Hmm gimana ya, kalo cara belajar orang kan sebenernya beda-beda, ya. Tergantung nyamannya orang itu sendiri. Kalo aku sendiri sih lebih ke belajar dari jauh-jauh hari dan evaluasi dari setiap TO aku masih kurangnya di materi apa, gak bisanya di mana. Terus aku pelajarin yang gak bisa itu sampe bisa pokoknya. Terus dari bimbel juga ngebantu banget

      Hapus
  52. Pengen si tapi kalo uda masuk rank paling terakhir gmn :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rank apa maksudnya? Rank di kelas gitu? Kan masih ada waktu beberapa bulan lagi buat perbaikin nilai kamu untuk persiapan UN. Inget, gak ada yang gak mungkin. Jadiin rank terakhir itu sebagai motivasi kamu. Aku yakin, kalo kamu bisa jadiin rank terakhir itu sebagai motivasi kamu untuk bangkit, pasti kamu bisa lebih dari temen-temenmu yang mungkin ranking 10 besar.

      Jangan minder dan putus asa gitu aja. Terus berjuang sebelum hari-h nya tiba. Masih banyak waktu buat persiapan. Cari kelemahan kamu di mana, perbaikin. Tanya sama yang lebih menguasai materi yang kamu gak bisa itu. Buktiin ke mereka nanti kalo kamu bisa!

      Semangat, yaa! Aku tunggu di sini:)

      Hapus
  53. Target bgt nih ka. Aku jg soalnya mau masuk SMAN 8 Jakarta, tp sering minder sama anak yg lebih pinter dr pada saya. Makasih ka buat motivasinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, Valerie!^^

      Semangat yaa! Buang jauh-jauh minder kamu itu. Jangan biarin itu ngehalangin kamu buat punya cita-cita tinggi. Mulai sekarang fokus aja nyusun strategi belajar buat UN. Cari kelebihan dan kelemahan kamu di pelajaran/materi apa. Sama-sama!:) Aku tunggu di sini, ya

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Hallo mbak Indah...anak saya kls 6SD dan skrg lg banyak2nya TO, dia jg berharap sangat dpt diterima di SMP 115, bbrp kali TO blm tembus nilai 90 utk tiga matapelajaran,rata2 80an, mknya deg2an nih..gimana ya mungkin gk sih kl rata2nya 85an gitu bs masuk? Ada trik2 khusus mungkin bs di share?? Abak saya dan saya inginn banget bisa smp di smabel spy pergaulannya lbh baik dan memotivasi dia utk lbh sukses. Bagi tips2nya ya mbaknIndah. Mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Tan. Aamiin semoga anaknya bisa tembus ke smabel, ya, Tan. Sebenernya rada susah, sih, Tan kalo rata2 nya 85. 90 juga masih susah karena NEM nya 27 kan ya total nanti sedangkan sekarang udah gak ada jalur tes jadi murni pake NEM. Jadi, kalo mau aman harus nilai per mapelnya 9,5. Apalagi kalo anaknya masuk jalur umum, Tan, rata-ratanya lebih tinggi lagi. Kalo jalur lokal mungkin bisa lebih rendah rata-ratanya.

      Berhubung masih TO, nilainya belum pasti dan masih bisa lebih bagus lagi, jadi coba mulai dari sekarang aja evaluasi kurangnya di pelajaran mana dan materi apa. Pelajarin lagi soal-soal TO nya dan UN tahun lalu karena pasti gak beda jauh. Coba tanya ke anaknya, Tan, mungkin dia kesulitan di pelajaran apa dan paling bisa di pelajaran apa. Usahain di pelajaran yang paling dia bisa itu nilainya besar kalo bisa supaya ngebantu nilai pelajaran yang dia mungkin kurang.

      Sukses, ya, Tan, buat anaknya. Semoga bisa nyusul ke SMPN 115 Jkt dan lanjut ke SMAN 8. Aamiin.

      Hapus
  57. HAI NDAHE!!

    gasengaja nemu artikel indah di google yuhuuu, indah terbaik memang­čśë kangen bgt sm dirimu ea terakhir ketemu pas trofi ya kita AHAHAHAH. se smp walau ga se sma (mau bgt masuk 8 tapi udh kepalang diblock waktu keterima di mht hwe) tapi insyaaAllah satu fakultas ya ga ndah? AAAMIIN YA ALLAH MASYA ALLAH SUBHANALLAH­čśü saling mendoakan ya ndahh, sukses bareng pokoknya!!

    parahsi ini teman sekelas di kelas 8 dan teman wattpadku❤️

    -jenjen

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAI JENJEN!!!

      Kangen jugaa:( Iyaa pas TROFI. Aamiin, ya Allah, semoga kita sefakultas ya nanti hehe. Iyaa sukses UN dan SBM/SNM nya yaa! Luv.

      Hapus
  58. Ih aku berharap bgt bisa masuk sman 8 tapi aku takut nem aku ngga cukup. Btw ternyata banyak ya yg asalnya ga dari jakarta jadi ngekos. Doain aku ka semoga aku bisa masuk disana. Aku mau NEM yang terbaik. Makasih ka memotivasi bgt (:

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, insyaAllah cukup, yaa. Iyaa lumayan banyak. Sama-sama, ya:)

      Hapus
  59. Kakak ayah saya jga sama kyk kakak,sdnya buangan trs smpnya 115 sm sman 8 jakarta trs masuk UI semoga kakak sama kyk ayah aku bisa masuk UI.oh iya kak dlu aku mau msk 115 tapi gk kesampean trs kta ayah gpp ntr smanya sma 8 ya,aku takut nih kak aku gk pinter iq aku cm 121 gak lebih dri itu.tahun ini aku naik kls 8 doain ya kak semoga aku bsa masuk sman 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kerenn. Aamiin, makasih ya doanya:) Semoga kamu juga nyusul, ya. IQ gak nentuin bgt kok. Bahkan IQ ku waktu SMP lebih kecil dari kamu wkwk. Yang penting usaha, kerja keras, dan doa jangan lupa, yaa. Wah masih banyak waktu kalo gitu.

      Mulai fokus dan serius aja sama apa yang kamu cita-citain. Kalo ada pelajaran yang gak bisa, mulai diperdalam lagi sampe ngerti. Pokoknya waktu kamu masih banyak. Jangan disia-siain, ya.

      Oh iya, belajar juga dari UN tahun ini. Kamu pasti udah denger kan tentang soal HOTS? Nah, mulai sekarang jangan terlalu terpaku ke kisi-kisi lagi. Tapi lebih pahamin konsep dan banyak latihan soal mulai dari yang gampang dulu terus baru yang susah. UN tahun kamu kemungkinan bakal ditingkatin lagi kesulitannya. Jadi, tetep semangat yaa!

      Hapus
  60. Sudah sangat wajar kalau anaka SMP 115 pinter2...karena memang inputnya udah terjamin...
    Anakku pas lulus SD aku kirim ke Pesantren Darunnajah tuk mempelajari ilmu agama dan umum krn target masuk MAN Insan Cendekia Serpong...Termasuk Sekolah Unggulan di Indonesia... Alhamdulillah walaupun dari pesantren, ikut tes masuk dan lulus dan sekarang sudah kuliah di Manajemen Fak Ekonomi UI..karena dari awal ingin kuliah di PTN unggulan..

    BalasHapus
  61. Hai Indah
    Anak saya baru naik kls 6

    Kyknya udah susah bgt buat anak yg rmhnya jauh tp berprestasi utk masuk unggulan. Krn sistem Zonasi skrg ketat per KM. ga adil buat yg udah capek2 belajar

    Maksudnya mau menghapus sekolah favorit.. Tp disisi lain mutu sekolah jg blm disamaratakan.. Duh

    Skrg NEM no sekian yg penting Jarak rumah an Umur.. Lama2 bisa mempengaruhi mutu/kualitas sekolah trsbt ya

    Ada tips dan saran ga buat kondisi seperti ini? KK kita di Depok.. Hiks..

    Terimakasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Tan. Aku juga setuju. Di satu sisi bagus, sih, jadi semua sekolah sama gak ada yang dianakemasin. Tapi, kalo dipikir2 belum semua sekolah mutunya sama baik dari fasilitas pembelajaran, lingkungan, dll. Jadi, dengan diapusnya sekolah favorit ini malah membatasi siswa buat berprestasi setinggi2nya. Motivasi buat masuk ke jenjang selanjutnya yang terbaik juga pasti berkurang karena mikirnya masuk sekolah deket pasti bisa gak usah nilai bagus.

      Aku sebenernya udah gak update tentang zonasi tahun ini. Tapi, setauku masih ada jalur umum, 'kan, Tan? Itu jalur umum yang untuk murid dari seluruh daerah gak mandang tempat tinggal di mana. Iya, sih, memang NEM nya lebih tinggi banget bisa nyampe minimal 28 mungkin kalo buat SD atau bisa jadi 28,5 ke atas dan kuotanya pun dikit banget. Tapi, kayaknya itu satu2nya cara deh buat tetep perjuangin sekolah unggulan:(

      Semangat, ya, Tan untuk anaknya. Terus dikasih motivasi aja, Tan, supaya tetep semangat ngejar sekolah yang dimau dan semoga jadi tambah semangat karena persaingan yg semakin ketat ini. Kasih tau juga tentang soal UN yang mulai dibuat model HoTS yang suka bikin nilai UN jeblok pengalaman dari tahun aku. Sukses anaknya, Tan, di manapun sekolahnya nanti:)

      Hapus
  62. Apa ku harus lari ke pantai lalu pindah KK? (Biar bisa masuk Smabel.. )

    Pecahkan saja sistem Zonasi ketat biar kembali seperti dulu..

    Hehe

    Puisi AADZ (Ada Apa Dengan Zonasi)
    #emak2yghopeless

    BalasHapus
  63. Mba..anak sy skrg lg galau nih..NEM 28.06 ..NUN 93.53 pengennya sih masuk smabel tp hra ikut jalur umum..kira2 masuk ngga yaa nilai segitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadi barusan aku cek web ppdb. Seleksinya selesai hari ini, ya, Tan? Anaknya lolos, ya, berarti? Soalnya nilai terendahnya aku liat 89 koma

      Hapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Ka, saya lulusan SMPN 5 bandung blh ya mau sedikit sharing semoga bs kasih saran terbaik buat saya.
    Jadi meski lulusan bandung saya sudah daftar di SMAN 8 dan Alhamdullilah lolos tapi saya juga sudah mendaftar di SMAN 3 bandung dan Alhamdulilah lolos juga.. Anggalah saya beruntung bs lolos ke SMAN unggulan dijakarta dan bandung tapi saya malah bingung menentukan pilih yg mana, awalnya keinginan saya memang masuk SMAN 3 tapi saat ortu saya mendaftarkan ke SMAN 8 dan diterima setelah itu saya mulai bimbang karna saya mulai tertarik dengan sekolahnya.. Tapi agak worry apakah saya bs masuk kelingkungan baru dijakarta dan berpisah dengan sahabat2 saya dibandung, hanya itu sih kekwatiran saya..jadi apa sekiranya bisa bantu saya menentukan pilihan dan bs menyakinkan saya kalo andai pilihan saya ke 8 tidak akan saya sesali kedepannya. .. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm berhubung dua-duanya memang unggulan, berarti menurutku gak ada harusnya yang disesalin kalo ngelepas salah satunya. Jadi, yang terbaik menurutku sekarang coba cari plus minusnya kalo kamu tetep di Bandung atau ke Jakarta. Terus tanya orang tua lebih merestui kamu ke mana. Terus soal biaya gimana kalo kamu ke Jakarta. Kalo masalah pergaulan, pasti nanti bisa menyesuaikan lagi asalkan kitanya juga membuka diri karena nanti kan banyak juga orang-orang dari bermacam-macam sekolah dan daerah jadi semuanya masih sama-sama belum kenal tinggal gimana cara kamu bersosialisasi.

      Terus juga pertimbangan lainnya misalnya kamu ngejar jalur undangan. Coba dari sekarang kamu yakinin tujuan kamu mau ke mana, mau ke jurusan apa, universitas apa. Pertimbangan lainnya juga misalnya kamu maunya di UI, kuota SNM dan PPKB di sekolah itu gimana:) Kalo di smandel sejujurnya peluangnya banyak untuk masuk UI. Dan setauku SMAN 3 lebih banyak yang lulusannya ke ITB kan dari tahun ke tahun? Apalagi jalur undangannya. Mungkin itu bisa jadi pertimbangan:) Kamu harus tau dulu goals kamu mau ke mana.

      Intinya cuman kamu yang bisa milih. Kamu yang tau cita-cita kamu mau ke mana nanti. Jadi, coba pikirin lagi yang aku bilang di atas. Dan jangan sesalin apapun keputusan kamu nanti. Kamu udah dapet yang terbaik, dua sekolah itu sama sama bagus. Tinggal yang kamu pikriin gimana caranya nanti survive di sekolah tersebut, gimana supaya bisa bersaing sama murid yang lain.

      Semoga membantu ya:)

      Hapus
  66. Kalo boleh tau, rata2 yang masuk di SMP 115 dominannya berasal dari SD mana aja ya?
    Saya mau mulai prepare untuk anak saya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo untuk SD rata-rata nyebar sih, Tan, dari mana-mana. Dari Swasta dan Negeri sama aja juga. Gak ada satu SD yang dominan dari mana gitu kayak misalnya SMAN 8 yang kebanyakan dari SMP 115. Jadi, dari SD mana aja peluangnya sama aja. Mungkin bisa pilih SD yang emang suasana dan lingkungannya bagus, Tan, atau yang fasilitasnya memadai buat anaknya. Soalnya pas jamanku pertama masuk SMP 115 emang gak ada SD yang dominan banget

      Hapus
  67. Doain yy kakak semoga akuu bs msk SMAN 8 jg aku kepengen bgt msk sma ituuu akuu udh kadang target semoga bisa yy kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ... Semoga tercapai yaa impiannya:) Semangat terus dan mulai nyicil belajar dari sekarang yaa

      Hapus
  68. Hallo kak aku kls 6 sd dan aku bingung mau masuk smp mana aku sih pengennya masuk smp smabel siapa sih yg gk mau masuk smp favorit tapi aku bingun ayah dan ibuku kurang mendukung kalau aku masuk smp yg agak jauh dari rumah karna rumah aku dijaktim tapi ada sih rmh bd aku yg deket dari situ tapi walau ibu dn ayah aku gk mendukung tapi kakak aku sangat mendukung dia bilang kalau masuk smp favorit pasti terjamin tapi aku juga masih bingung mau dimana tapi yaa pasti kita juga maunya di sekolah favorit dan aku juga dari sd yg dibilang gk terkenal dan sekolahnya juga mojok mojok gituuu doain aku ya kak semoga aku diizinin utk masuk sekolah yg jauh tapi favorit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Intan:) Iyasih ... sekarang adekku juga ngalamin kayak kamu. Tapi aku terus dukung dia supaya tetep semangat. Pokoknya kamu tunjukkin aja yang terbaik ke orang tua kamu. Tunjukkin dengan kamu semangat belajar dan nilai UN yang memuaskan, insya Allah orang tua kamu nantinya bakal percaya sama kamu dan ikhlasin kamu buat sekolah di SMP impian kamu. Pastinya orang tua mau yang terbaik untuk anaknya kan:) Pokoknya kamu usaha yang terbaik aja dulu mulai sekarang dan semoga hati orang tua kamu bisa luluh. Aamiin. Semangat terus yaa!

      Hapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  70. Dan aku juga punya cita cita pengen jadi dokter

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  72. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  74. Assalamualikum,
    Hi... indah..
    Cerita yang inspiratif sekali, salut utk perjuangan anak anak meraih mimpi dan cita citanya. Masyaallah­čśÇ

    Sedikit sharing klo boleh, pernah dapat murid anak 8 (tinggal di pamulang) yang dari pagi buta sampai malam bekerja keras utk meraih cita cita, bahkan sabtu dan minggu masih belajar karena dia ngerasa ga yakin makanya belajar lagi dan lagi. Alhamdulillah 2018 ini dia bisa masuk ui.

    Maaf klo boleh kasih info mungkin ada yang membutuhkan guru private SD,SMP,SMA utk kerumah sekitar pamulang, ciputat, bintaro dan BSD mungkin kami bisa membantu.
    Bismillah
    Kak Salim(Tekim UI)wa only:0812 9864 2852
    Kak Dian(Mtk UIN)wa only: 0838 0667 2785

    Terimakasih
    Semoga indah dan yang kainnya bisa menjadikan Indonesia menjadi lebih baik dengan bekerja keras dan berdoa.. amin

    BalasHapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  76. kak tau sma 34 ga sekolah berwawasan lingkungan yang di pondok labu, bisa saingan nih ama sma 8 untuk ngejar ptn di ui

    BalasHapus
  77. Hai indah. Anak saya saat ini kelas 10 disma 8. Menurut anak saya soal2 pd saat ulangan harian, uts dll sulit2, padahal dia sdh belajar dr buku 2 sekolah dan buku yg dibeli sendiri. Terutama utk pelajaran matematika. Yg mau sy tanya utk level soal2 yg sulit itu hrs belajar dr buku apa ya ?(terutama mtk). Krn info yg saya dpt katanya utk ulangan2 sdh diselipkan soal2 sbmptn. Mohon dishare dong panduan buku matematika apa yg hrs dipelajari. Trims ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, ya, Tan baru sempet jawab. Nah iya, bener banget. Emang di 8 dari awal juga soalnya udah susah-susah banget. Aku pun pas pertama masuk kelas 10 masih shock dan gak terbiasa sampe-sampe ulanganku di bawah 4. Menurutku standarnya emang beda dari sekolah lain untuk soal-soalnya. Jadi, dapet nilai bagus di sini ya emang butuh perjuangan. Tapi, itu semua bakal kebayar pas UN, USBN, SBM karena udah dibiasain soal-soal itu dari awal. Terutama Matematika Minat yang menurutku paling susah hmm. Kalo belajar dari buku apa sih, jujur aku dulu belajar dari buku yang dikasih/dipake gurunya aja. Atau gak dari latihan soal yang suka dikasih gurunya. Cuman yang paling penting harus sering latihan soal. Mungkin bisa coba buku-buku SBM karena emang iya kadang soal-soalnya mirip SBM atau bahkan pernah ada soal olimpiade juga

      Hapus
  78. Kak gimana kalo anak yang domisilinya diluar pulau jawa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adaa kok temenku yang dari luar pulau jawa. Mungkin bisa ikut jalur umum dengan passing grade yang lebih tinggi pastinya dari jalur lokal atau gak jalur prestasi kalo kamu punya prestasi di bidang akademis atau non akademis

      Hapus
  79. Hai Indah boleh tau SD nya dimana?

    BalasHapus
  80. Wah infonya bermanfaat banget.

    Sebenarnya masih bingung nih mau masuk sekolah mana, sekarang aku kelas 8.
    Tertarik masuk sekolah SMAN 8 tapi masih ragu, name di SD juga gak tinggi, kalo di bilang pintar juga biasa aja, mau masuk disini tapi ortu mau masukin pesantren, jadinya makin ragu buat masuk ke sini.


    Tolong sarannya kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan itu NEM di SD, gak menjamin NEM SMP kamu juga bakal gak tinggi. Masih banyak waktu mumpung kamu masih kelas 8 buat belajar dan persiapin diri buat UN nanti. Siapa tau nanti NEM kamu bagus, kan? Gak ada yang gak mungkin loh asal kamu bener-bener siapin semuanya mateng-mateng dan jangan lupa doa. Prinsip yang selalu aku pegang: Orang pinter bakal kalah sama orang yang berusaha. Jadi, jangan capek buat nyoba dan usaha yaa. Aku yakin kamu pasti bisa!

      Hmm kalo masalah itu aku gak bisa komentar banyak ya. Masuk pesantren juga gak ada salahnya kan sebenernya. Apalagi itu disuruh sama orang tua kamu. Pasti mereka mau yang terbaik buat kamu. Tapi, menurut aku coba aja kamu buktiin dulu dengan belajar yang rajin dan tunjukkin dari hasil NEM kamu, kamu bisa masuk ke sekolah negeri yang kamu mau dan kamu yakin bisa ngejaga diri selama sekolah nanti. Siapa tau ortu kamu bisa berubah pikiran. Atau gak kamu coba mulai ngobrol sama ortu kamu dari sekarang boleh gak masuk ke sekolah ini kalo nanti NEM aku cukup. Intinya komunikasi terus sama ortu kamu ya dan tunjukkin yang terbaik:) Semangatt!

      Hapus
  81. Passing grade sma 8 sekarang brp ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya aku kurang update ya sama jalur masuk SMA yang sekarang. Tapi kalo aku cek di web ppdb. Kalo untuk Tahap 1 Lokal terendahnya NEM nya 35,9. Kalo untuk tahap 2 Umum 36,25. Tahap 3 Umum: 36,05. Coba kamu liat juga deh. Takutnya aku salah. Bisa diliat di https://jakarta.siap-ppdb.com/#/030001/hasil/seleksi/32010009/1000/1/simple

      Hapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Kak, aku butuh pencerahan nih. Papa aku pengen banget aku masuk SMAN 8, aku juga pengen bisa ngewujud in itu. Tapi aku agak terpengaruh sama kata kata orang, tentang pergaulan disana, katanya inilah, itulah. Aku pengen banget bisa nepis itu semua dan fokus pada tujuan utamaku buat bersekolah disana, belajar dan mencapai cita-cita buat jadi dokter. Cuma aku anaknya pemalu gitu dan bukan dari keluarga yang kaya, aku takut nggak bisa bersosialisasi dengan teman-teman disana. Tolong beri tips untuk aku ya kak, sekarang aku sudah kelas 9. Dan kalau bisa kakak share pengalaman kakak pas awal awal bersekolah disana, aku pengen banget tau apa aja yang harus aku persiapin buat masuk disana. Omong-omong, selamag tahun baru ya kak, semoga kakak sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Cynthia! Soal pergaulan, menurut aku itu bener-bener balik ke pribadi masing-masing sih. Kalo kamunya bisa ngejaga diri dan gak gampang terpengaruh sama pergaulan yang kurang bagus pasti bisa bertahan kok di jalan yang bener. Pokoknya pinter-pinter nyari temen yang gak macem-macem aja. Aku sendiri survive kok dan menurutku pergaulan di sini juga masih dalam tahap wajar dibanding sekolah lain yang aku tau. Kalo masalah dari keluarga kaya atau bukan itu sih harusnya gak jadi masalah karena di sini kalo temenan gak ditanya kok kamu kaya atau ngga. Yang penting kamu bisa nyesuaiin diri aja dan gak takut buat mulai pembicaraan, cari temen yang kira-kira nyambung atau cocok sama kamu. Percaya deh, aku kenal banyak temen dari keluarga biasa aja tapi itu semua gak jadi masalah karena dianya percaya diri dan ngebawa aura positif ke orang-orang, jadi dia juga banyak temennya. Paling penting, JANGAN MINDER.

      Pengalaman aku pas awal sekolah di sana, aku bener-bener berusaha supaya jadi orang yang lebih terbuka dan gak malu buat ngajak kenalan duluan. Karena dulu pas SMP aku ngerasa lebih tertutup dan pemalu aja mungkin kayak kamu. Tapi pas SMA aku mau berubah. Akhirnya pas awal masuk aku ngeberaniin diri kenalan duluan sama orang dan it works. Percaya deh, pasti kamu bakalan dapet temen yang cocok sama kamu di sini. Gak usah percaya atau pikirin kata-kata orang. Yang harus jadi fokus kamu gimana caranya bisa tembus masuk 8 dan komitmen kamu setelah masuk sini mungkin bisa lebih terbuka dan beraniin diri kenalan duluan supaya kamu punya banyak temen:) Semangat yaa! Selamat tahun baru jugaa. Aamiin, semoga kamu juga sehat terus ya dan tercapai impiannya!

      Hapus
  84. Tertarik membaca tulisan di atas yang tidak terpengaruh karena alasan jauh... Memang tinggal di mana? Bagaimana antar jemputnya? Berapa lama perjalanannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Perumnas Klender, Jakarta Timur. Alhamdulillah kalo berangkat pagi masih bisa sama orang tua, kalau pulang naik ojek atau transjakarta. 30-45 menit kalo gak macet. Kalo macet 1 jam

      Hapus
  85. Kak besok kenaikan kelas aku kelas 9, bismillah semoga masuk sma 8, sma impian ku, aku dari smp biasa aja di tangsel, semoga aku bisa masuk sma 8 aamiin bismillah. Semoga nem ku bisa masuk ke sana nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semangat terus, ya, belajarnya! Jangan lupa doa:)

      Hapus
  86. kak makasih banget loh, tadinya aku diisengin orang tua buat masuk sini, dan rumahku di tangsel, kan kebayang jauhnya. tapi pas baca ini kayanya jauh bukan alasan buat dapetin sekolah di smabel. aku keterima dan aku masuk kelas 7c :) makasih banyak kak infonya, bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, ikut seneng buat kamu:) Semangat terus, ya, belajarnya di sana! Perjuangan sebenernya baru aja dimulai. Jangan cepet puas diri dan terus berusaha yang terbaik, ya! Sukses terus

      Hapus
  87. kl sekarang gmn ya gak ada UN. kl pakai nilai raport memang setandar nilai max di raport sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang pasti standar nilai yang ditetapkan masing2 sekolah pasti beda. Tapi percayalah pasti sekolah-sekolah yang kamu tuju itu punya pertimbangannya masing-masing. Mungkin dari kekonsistenan nilai, akreditas sekolah asal, dll. Jadi, memang gak ada yang tahu

      Hapus
  88. Percuma lah, gw belajar mati matian unjung²nya juga gak ad UN :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada yang sia-sia. Ilmu kamu kepake terus sampai nanti mau daftar kuliah. Setidaknya jadi modal awal. Semangat terus!

      Hapus
  89. Halo kak,aku mau tanya nih.sekarang kan aku kelas 8.nah aku itu pengen banget masuk sman 8.tapi kan katanya tahun ini dan seterusnya udh gak ada un.pengen masuk jalur zonasi tapi gk memungkinkan buat aku,karena rumahku lumayan jauh dari sman 8.prestasi ku diluar akademik jg blm ada.apakah bisa masuk sana dengan pake nilai rapot ya kak?tapi nilai rapot ku di kelas 7 juga ada yg nilainya 8.tapi di kelas 8 ini dan kelas 9 nanti aku bener2 mau fokus buat naikin nilai rapot dan berusaha buat ikut2 lomba.kira2 kalau gitu ada peluang gak ya kak buat aku biar bisa masuk sman 8?

    BalasHapus