Tips Tembus SBMPTN UI 2020 (+BONUS Jadwal Belajar Persiapan SBMPTN)

Haloo! Ketemu lagi setelah lama ngga nulis di blog ini. Terakhir setelah nulis tentang pengalaman SBMPTN 2018 dengan sistem penilaian terbaru, ternyata sekarang sistemnya udah berubah lagi hm. Semangat terus para pejuang SBMPTN 2020! Di sini gue mau bagi pengalaman aja, gimana caranya bisa tembus SBMPTN UI. FYI, alhamdulillah dua tahun lalu gue berhasil tembus SBMPTN FKG UI pilihan pertama dengan tips-tips di bawah ini. So, check it out!

jadwal belajar persiapan sbmptn ui
Jadwal Belajar Persiapan SBMPTN
1. Buat jadwal belajar
Sejujurnya gue orangnya bukan tipe-tipe yang bikin jadwal belajar banget, tapi waktu itu gue liat blognya Zenius dan nemuin salah satu trik belajar SBMPTN dengan membuat jadwal belajar yang 'task-oriented'. Nih, bonus buat kalian bukti nyata Jadwal Belajar SBMPTN SUKSES gue dua tahun lalu wkwk. 



Gue jadi mikir, bisa juga tuh gue coba. Siapa tau jadwal belajar gue jadi lebih teratur dan konsisten. Gue ajak lah satu temen gue dan ternyata dia tertarik juga buat bikin jadwal belajar itu. Jadilah kita berdua punya jadwal belajar yang sejenis, tapi gak sama banget.

Dan ternyata ... hasilnya worth it banget! Kenapa gue bilang gitu? Karena sejak gue punya jadwal belajar itu, gue jadi punya target tiap minggunya harus bahas materi apa aja sampai ke minggu-minggu menjelang SBMPTN. Jadi, gak ada yang namanya seminggu itu gabut atau gak belajar apa-apa. Menurut gue, itu efektif banget buat orang yang kadang mageran kayak gue.

Walaupun bisa dibilang gak gampang karena bener-bener dituntut komitmen di situ buat stick ke jadwal yang udah kita buat sendiri. Tapi percaya deh, kalo kamu udah punya target, setidaknya kamu jadi lebih terpacu buat belajar dan lebih terarah untuk mencapai goals yang kamu mau daripada let it flow doang. Juga, punya temen yang bener-bener seperjuangan sama kamu juga ngaruh banget! Jadi, ajakin juga temen-temen kalian ambis bareng, jangan individualis.

2. Latihan soal dan bahas materi yang masih belum ngerti
Kalo kamu ikut les, gue saranin banget buat kerjain soal-soal TO yang diadain les kamu dengan sebaik-baiknya. Anggap TO itu gambaran UTBK kalian nanti. Dan satu hal lagi, JUJUR! Percaya deh, gak ada gunanya kalian nyontek karena nanti kenyataannya saat hari-h UTBK beneran, kalian hanya bisa ngandelin diri kalian sendiri. Jadi, manfaatin TO yang dikasih tempat les kalian sebagai ajang pembuktian diri kalian, seberapa siap kalian di ujian sebenarnya nanti.

Jujur aja, dulu pas masih les gue selalu ngerjain TO TO itu sendiri, karena gue mau nguji diri gue. Udah bisa atau belum di materi yang diujiin supaya gue bener-bener tau di mana masih kurangnya, di mana yang harus gue perdalam lagi. Soal-soal yang masih belum bisa gue jawab pas TO, gue bahas lagi, berusaha pahamin sampai ngerti supaya kalo ada soal yang sejenis gitu lagi gue udah bisa kerjain next time. Jadi, pastiin kalian kerjain sendiri soal-soal TO itu, ya!

Buat yang gak les, gak usah sedih atau bingung! Jaman sekarang, banyak banget soal-soal yang tersedia gratis secara online. Jadi, gak ada alesan lagi tentang biaya untuk latihan soal. Banyak juga kok OA OA Masuk PTN yang suka ngadain TO gratis. Pokoknya manfaatin aja sebanyak mungkin sarana yang ada buat kamu latihan soal, karena ini penting banget. Gak bisa kalau hanya ngandelin teori-teorinya aja. 

Atau dulu gue juga masuk ke square square di LINE yang isinya pejuang SBMPTN supaya memperbanyak temen seperjuangan juga. Selain itu, bisa juga loh kalian manfaatin grup-grup belajar gitu buat nanya-nanya soal atau materi yang masih kamu bingung. Pokoknya selalu ada jalan kalo kamu mau usaha!

3. Cari tau pelajaran yang paling kamu kuasai  
Kenapa ini penting banget? Karena pelajaran yang kamu kuasai ini bisa jadi ladang poin buat kamu di SBMPTN nanti! Contohnya dulu gue ngerasa paling nguasain Bahasa Indonesia dan lumayan nguasain Kimia. Gue kejar terus buat memperdalam pelajaran-pelajaran itu (lebih ekstra daripada pelajaran lain), karena setidaknya udah ada jaminan kalo kalian bakal lebih banyak jawab bener di pelajaran-pelajaran itu.

Jadi, berkesinambungan juga sama yang sebelumnya, dengan kalian ngerjain soal-soal TO atau latihan dengan jujur, kalian jadi lebih tau kelebihan dan kekurangan kalian di mana. Gali terus kelebihan kalian dan perbaikin kekurangan kalian ada di pelajaran mana.  

To be honest, emang pasti susah kalo mau nguasain semua pelajaran (bagi orang-orang kayak gue). Gue tuh lemah banget di Fisika, jadi dari awal gue emang gak berharap dari pelajaran itu, tapi setidaknya gue pelajarin hal-hal dasar di Fisika yang biasanya suka keluar di ujian dan masih memungkinkan untuk gue jawab plus menambah poin di SBM nanti. Pokoknya pinter-pinter kalian aja ngatur strategi, ya!

4. Percaya diri, tapi jangan over!
Ini nih penting banget dan gak boleh diremehin! Banyak orang yang kadang terlena dengan nilai TO yang udah bagus, cepet puas diri, dll. Percaya diri penting untuk membangun semangat belajar kamu, tapi overconfident? BIG NO. 

Jadi, tetaplah merasa butuh ilmu, gak gampang puas sama diri sendiri, terus cari tau dan belajar terus. Misalnya kalo satu target kamu udah tercapai, jangan langsung berhenti dan puas gitu aja, buat target baru dan berusaha capai itu lagi. JANGAN PERNAH TERLENA DENGAN NILAI TO YANG UDAH BAGUS. Jangan juga minder dengan nilai TO atau hasil latihan soal kalian yang gitu-gitu aja. Semuanya bisa berubah tergantung usaha kalian. Percaya sama gue, nilai TO gue dulu di les juga merangkak dari bawah. Semua orang punya kesempatan yang sama ok!

5. Tenang saat ngerjain soal
Nah, saat hari H tiba kalian ngerjain soal, baik itu soal TO ataupun soal SBMPTN beneran nanti, tetap fokus dan tenang. Deg-degan itu pasti, gue juga dulu deg-degan banget sebelum masuk ruang ujian, liat atmosfer orang-orang di sana yang terkadang bikin minder. Tapi, cari tau hal-hal yang bisa bikin kamu relax, karena tenang saat ngerjain soal juga kunci keberhasilan SBMPTN. Kenapa?

Karena kalo hati dan pikiran kita gak tenang, rentan banget buat nge-blank! Gak mau kan hasil belajar kalian berbulan-bulan ilang gitu aja pas hari penentuan yang seharusnya kalian berjuang sampai titik darah penghabisan?

Jadi, tenangin hati dan pikiran kalian mulai dari beberapa hari sebelum ujian. Kalo liat di jadwal belajar SBMPTN gue di atas, gue mengosongkan beberapa hari untuk gak belajar sama sekali di hari-hari menjelang SBMPTN, karena gue takut stres dan malah gak maksimal saat hari h SBMPTN-nya. 

Juga, mending kalian cari tau dari sekarang, hal-hal apa sih yang bisa bikin kalian tenang kalo dari deg-degan atau grogi gitu. Mungkin bisa dengan mikirin hal lain, tarik napas dalem-dalem, atau bisa juga banyakin zikir. Pokoknya sesuaikan sama diri kalian, ya.

6. Perbanyak doa dan mendekatkan diri ke Tuhan
Inget, sekeras apapun kita berusaha, tetep ada yang namanya "Faktor X". Percaya gak percaya, gue ngerasain itu sendiri. Waktu ngerjain SBMPTN dua tahun lalu, rasanya pesimis banget. Setelah keluar dari ruang ujian, bawaannya lemes dan udah ngerelain kalo emang jodoh gue bukan di FKG UI, seperti yang gue cita-citakan. 

Kalo kalian udah liat tulisan gue yang Pengalaman SBMPTN 2018: Sistem Penilaian Baru!, pasti tau kalo gue cuma ngerjain soal TKD 40 dari 60 soal, di saat orang-orang saat itu pada ngerjain semua soal karena 'katanya' sistem penilaiannya gak ada minus kalo salah. Ngedown banget dong pasti, ngebayangin bakal kalah sama orang-orang yang 'hokinya gede' dengan ngisi semua nomor. 

Tapi, ternyata gue lupa kalo di balik itu semua ada kehendak Tuhan yang lebih besar dari segalanya. Dan ternyata bener aja, saat gue buka pengumuman, alhamdulillah warna hijau:) Intinya, jangan pernah lepas doa, berbuat baik ke orang-orang, dan tentunya belajar yang sebaik-baiknya. Jangan mudah berpuas diri!

Bonus penyemangat untuk para pejuang kampus kuning tahun depan!
Pemesanan melalui bit.ly/starterpackui atau 081806243276 (WA Only)

Oke, kayaknya sekian dulu tips dari gue. Semoga bisa memberi manfaat dan sedikit motivasi ke kalian:) Tips-tips yang gue kasih di atas bukan jadi jaminan kalian bisa lulus SBMPTN di PTN favorit kalian, tapi itu balik lagi ke usaha dan 'faktor x' yang gue bilang. Selagi masih sempet, ayo kencengin belajarnya dari sekarang! Jangan terlena sama keadaan lagi #dirumahaja malah males-malesan. Inget, di saat kalian males-malesan, ratusan ribu orang di luar sana lagi belajar mati-matian buat perjuangin PTN yang kamu mau juga. Jadi, jangan mau kalah, ya! Kalo mau nanya-nanya, silakan comment aja di bawah, ya! Pasti gue bales kalo sempet. Terimakasih sudah baca tulisan aneh ini!

Related Posts:

31 Responses to "Tips Tembus SBMPTN UI 2020 (+BONUS Jadwal Belajar Persiapan SBMPTN)"

  1. Persiapan yang matang, mengatur jadwal belajar lalu konsisten. Tips memperdalam bidang yang paling dikuasai juga pas, gak semua orang bisa menguasai semua pelajaran. Thanks for share

    BalasHapus
  2. Tips yang sangat bermanfaat gan. Semoga bisa menambah semangat teman-teman kita yang sedang mengikuti tes SBMPTN.

    BalasHapus
  3. Sepertinya tips-tips di atas dapat digunakan untuk seluruh PTN ya kak, gak hanya UI heheh

    Nah iya tuh kadang sangking gugupnya kita otak rasa kesumbat, mangkanya perlu tenang pas lagi ngerjain soal. Jangan lupa doa juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar, yang terpenting jangan lupa doa supaya ga nge-blank pas hari h

      Hapus
  4. Wah saya telat untuk nemu tips ini, kayaknya bisa diterapin di ugm juga tapi udah lewat masanya dan dpt ptn lain, wkwkw yaudah lah bukan jodoh sm ugm kali ya

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat tips nya gan,semoga saya juga bisa memberikan informasi ini ke temen" saya nanti

    BalasHapus
  6. Waww mantab sarannya semoga pada lulus masuk UI. mksh saran dan tipsnya. Kami tunggu artikel menarik berikutnya

    LITERACY MILITER

    BalasHapus
  7. Dulu pernah cita cita masuk UI sih, sayang baru tahu sekarang tips masuk UI

    BalasHapus
  8. Persiapkan dengan maksimal kemudian serahkan semuanya kepada Allah SWT

    BalasHapus
  9. Tips yang sangat bermanfaat kak. Terima kasih ya terus berkarya.

    BalasHapus
  10. Ayoo para pejuang SBMPTN, Semanagt! Setelah berusaha jangan lupa juga untuk berdoa

    BalasHapus
  11. Kebetulan mau ikut SBM makasih kak buat tipsnya

    BalasHapus
  12. terima kasih kak, infonya pas ini untuk pejuang SBMPTN UTBK 2020

    BalasHapus
  13. makasih infonya, semoga bermanfaat bagi semua orang #Amin

    BalasHapus
  14. Kalau ujian itu saya paling suka buat rangkuman dari soal-soal yang pernah ditanyakan. Udah gitu belajarnya tinggal latihan soal. Hehehe. Sambil mereview dikit-dikit materi lain juga. Jadi kangen belajar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya setuju. Yang terpenting kita harus tau metode belajar yang paling cocok buat kita. Semangat terus!

      Hapus
  15. Sangat bermanfaat tips nya gan,semoga saya juga bisa memberikan informasi ini ke temen" saya nant

    BalasHapus
  16. Selama 4 tahun terakhir ngurusin anak anak ikut jalur SNMPTN dan SBMPTN, baru tahun ini memang prosesnya agak rumit. Alhasil, jd cukup terhambat buat mereka yg udh banyak berharap

    BalasHapus